Kamis, 09 Oktober 2014

Tips dan Trik Pelatihan

Berikut beberapa tips dan trik yang saya dapatkan saat saya pelatihan :
  • CTRL

No
Perintah
Fungsi
No
Perintah
Fungsi
1
ctrl+ +
subscript
16
ctrl+k
insert hyperlink
2
ctrl+]
memperbesar huruf
17
ctrl+l
align left
3
ctrl+[
memperkecil huruf
18
ctrl+n
new document
4
ctrl+1
spasi single
19
ctrl+o
open document
5
ctrl+2
spasi double
20
ctrl+p
print
6
ctrl+a
select all
21
ctrl+r
align right
7
ctrl+b
cetak tebal
22
ctrl+s
save
8
ctrl+c
Copy
23
ctrl+shift+ +
superscript
9
ctrl+d
customize font
24
ctrl+shift+a
UPPERCASE
10
ctrl+e
align center
25
ctrl+u
cetak underline
11
ctrl+f
Find
26
ctrl+v
paste
12
ctrl+g
go to
27
ctrl+w
close document
13
ctrl+h
Replace
28
ctrl+x
cut
14
ctrl+i
cetak miring
29
ctrl+y
redo
15
ctrl+j
align justify
30
ctrl+z
Undo




  • 1) Cara Membuat Judul Masing-Masing Bagian
Biasanya kita mengetik skripsi dan lain-lain, maka kita dituntut untuk menyusun tulisan kita itu dengan menggunakan format
sebagai berikut :
Halaman Pengesahan
Abstrak
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Bab I Pendahuluan
Bab II Tinjauan Pustaka
Bab III Metodologi Penelitian
Bab IV Hasil dan Pembahasan
Bab V Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran 1
Lampiran 2
Lampiran 3
… dan seterusnya

  • 2) Untuk membuat judul masing-masing bagian tersebut agar dapat otomatis dimasukkan dalam daftar isi, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Ketikkan Judul yang akan kita buat, misalnya Halaman Pengesahan.
2.Setelah itu, klik Home, kemudian Klik Heading 1, seperti terlihat pada gambar berikut ini:
3.Demikian Pula untuk bagian judul yang lainnya.
4.Khusus untuk bagian judul Bab I, II, III, IV, V, serta Lampiran 1, 2, 3, dan seterusnya dapat dibuat dengan cara di atas, namun mesti ditambahkan dengan mengklik Reference kemudian klik Insert Caption, seperti terlihat pada gambar berikut :
5. Kemudian akan Nampak kotak dialog, seperti di bawah ini :

6.Pada kotak dialog tersebut, klik New Label, kemudian akan Nampak kotak dialog seperti berikut :
7.Kemudian ketikkan kata BAB, jika kita ingin membuat bagian judul BAB
yang akan otomastis. Setelah itu klik OK, kemudian akan Nampak seperti gambar berikut ini :
8. Setelah itu klik Numbering, untuk membuat nomor Bab sesuai yang kita inginkan (dalam hal ini adalah Huruf Romawi).

9.Pada kotak dialog tersebut, klik Format, seperti terlihat pada gambar berikut:
10.Setelah kita mengganti format sesuai yang kita inginkan, selanjutnya kita mengklik OK, dan akan terlihat seperti gambar di bawah ini:


11.Kemudian Klik OK, maka bab yang kita buat akan terlihat seperti pada gambar berikut :
Catatan : Jika terlihat Warna abu-abu pada huruf I seperti gambar di atas, jika di print tidak akan nampak warna tersebut karena itu merupakan warna tanda otomatis dari word.
12.Begitu pula untuk bagian judul yang lainnya (jika formatnya headingnya berubah, maka klik kembali Home kemudian klik Heading, agar nantinya

pada bagian Daftar Isi dapat dibuat secara otomatis). Selanjutnya untuk bagian BAB II, III, dan seterusnya dapat dibuat seperti pada bagian BAB I.
13.Untuk membuat jika kita telah membuat perubahan, misalnya seperti pada gambar berikut :
14.Pada gambar di atas terlihat bahwa BAB I ada 2, jika kita ingin menggantinya secara otomatis, maka dapat dilakukan dengan cara tempatkan kursor di sebelah kiri huruf I dari bagian BAB I Tinjauan Pustaka (seperti terlihat pada gambar di atas), kemudian klik kanan pada huruf I tersebut, lalu klik Update Field, seperti terlihat pada gambar berikut:


15.Setelah mengklik Update Field, maka secara otomatis Bab I tinjauan Pustaka tersebut akan berubah menjadi Bab II Tinjauan Pustaka.

  • 3) Cara Membuat Sub Judul dan Sub-Sub Judul
Biasanya dalam skripsi terdapat bagian-bagian sub judul dan sub-sub judul, misalnya pada bagian Metodologi Penelitian. Pada Bagian Metodologi Penelitian tersebut, Metodologi Penelitian adalah judul dari bagian tersebut, kemudian sub judulnya antaralain adalah Waktu dan Tempat Penelitian, Alat dan Bahan, serta Prosedur Kerja, dan sub-sub judulnya antara lain adalah Waktu penelitian, Tempat penelitian, Alat, Bahan, seperti terlihat di bawah ini:
Bab III Metodologi Penelitian
A.Waktu dan Tempat Penelitian
1.Waktu Penelitian
2.Tempat Penelitian
B.Alat dan Bahan
1.Alat
2.Bahan
C.Prosedur Kerja
Untuk membuat sub judul dan sub-sub judul masing-masing bagian tersebut agar dapat otomatis dimasukkan dalam daftar isi, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Untuk sub judul dapat dibuat dengan cara klik Home, lalu klik Heading 2, seperti terlihat pada gambar berikut :


2.Untuk sub-sub judul dapat dilakukan dengan cara Klik Home, kemudian mengklik Heading 3, seperti terlihat pada gambar berikut:

  • 4) Cara Memisahkan Halaman Masing-Masing Bagian
Untuk membuat agar bagian yang memiliki format halaman yang berbeda berada pada halaman yang berbeda, seperti bagian Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel, serta bagian untuk bagian Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metodologi Penelitian, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran 1, Lampiran 2, Lampiran 3, dan seterusnya, maka hal ini dapat dilakukan dengan cara, yaitu :
Tempatkan kursor di sebelah kiri huruf dari judul yang akan kita pisahkan
(kursor di sebelah kiri huruf B dari kata Bab I Pendahuluan) ke halaman berikutnya. Setelah itu klik Page Layout, kemudian klik Breaks, dan Next Page, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

  • 5) Cara Membuat Halaman dari Masing-Masing Bagian
Untuk bagian Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel, nomor halaman berformat Huruf i, ii, iii, dan seterusnya, sedangkan untuk bagian Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metodologi Penelitian, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran 1, Lampiran 2, Lampiran 3, dan seterusnya nomor berformat angka 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya.
Untuk membuat halaman dari masing-masing bagian dari Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel, (misalnya
kita membuat halaman di bagian bawah kertas dan berada di tengah), maka
dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.Klik Insert kemudian klik Page Number lalu klik Bottom of Page, selanjutnya klik Plain Number 2, seperti terlihat pada gambar berikut:


2.Untuk mengubah format halaman menjadi berformat Huruf i, ii, iii, dan seterusnya, dapat dilakukan dengan cara mengklik Insert, kemudian klik
Page Number, lalu klik Format Page Number seperti terlihat pada gambar berikut:
3. Setelah itu akan Nampak kotak dialog berikut:


4.Kemudian pada kotak dialog tersebut, klik Number Format, seperti terlihat pada gambar berikut :
5. Kemudian Klik Start at, seperti terlihat pada gambar berikut:
6.Setelah itu klik OK, maka pada bagian Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel akan memiliki halaman dengan format Huruf i, ii, iii, dan seterusnya.
7.Selanjutnya pada bagian Bab I Pendahuluan, Bab II Tinjauan Pustaka, Bab III Metodologi Penelitian, Bab IV Hasil dan Pembahasan, Bab V Penutup, Daftar Pustaka, Lampiran 1, Lampiran 2, Lampiran 3, dengan format nomor halaman adalah 1, 2, 3, dan seterusnya, dapat dibuat cara seperti membuat nomor halaman pada bagian Halaman Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel, namun dengan pada bagian format seperti pada langkah nomor 6, Number Format diganti dengan angka 1, 2, 3, dan seterusnya.



  • 6) Cara membuat Daftar Isi
Untuk membuat Daftar Isi yang otomatis, maka dapat dilakukan dengan sebagai berikut :
1.Pada halaman Daftar Isi Klik References, kemudian klik Table of Contents, lalu klik Insert Table of Contents seperti terlihat pada gambar berikut :
2. Selanjutnya terlihat kotak dialog seperti pada gambar berikut :


3.Kemudian klik OK, maka daftar isi akan dibuat tersusun secara otomastis oleh Microsoft Word, lengkap dengan Halamannya.
4.Jika ada perubahan Halaman atau Judul masing-masing bagian dari isi teks, maka daftar isi akan dapat diubah dengan otomatis dengan seperti pada bagian Cara Membuat Judul Masing-Masing Bagian, langkah nomor 14 dan 15, hanya pada bagian ini terdapat dua pilihan yaitu Update Page Numbers Only dan Update Entire Table (Update Page Numbers Only hanya mengupdate/mengganti nomor halaman, sedangkan Update Entire Table adalah untuk mengupdate daftar dan nomor halamannya), seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


5.Klik sesuai dengan yang diingikan, kemudian klik OK.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar